Salam Olahraga!!!
image

Dr. Eko Widodo, sports lecturer/jounalist

ekowidodo@yahoo.com;WhatsApp- +628989-777777


Penulis berpendidikan S1 Fateta IPB; Magister Manajemen Pemasaran Univ. Moestopo; S3 Program Pasca Sarjana UNJ di Sports Education. Wartawan olah raga 1994-2015 di BOLA. Sekarang Wartawan di Sports Channel Indonesia; Dosen Pascasarjana UNJ
widget medsos

Buku Sports Event
image

Sport in the City - The Role of Sport in Economic and Social Regeneration # editor C Gratton dan I Henry (2001); 335pp Routledge

Buku Sports Development
image

Sports Development - Policy, Process, and Practice # editor Kevin Hylton dan Peter Bramham (2008); 285pp Routledge

Buku Sports Marketing
image

Introduction to Sport Marketing # Aaron C.T. Smith (2008); 341pp Elsevier

Copyright © 2018 EkoWidodo · All Rights Reserved

Cek Nama Domain

Check Domain Name ?

Batik Pria Tampan
image

BATIK PRIA TAMPAN

Rendang Uninam
image

Rendang Uninam

RSS Feed

San Antonio Spurs, Punya Resep Rahasia Jus Buah Pembangkit Recovery (bagian 1 dari 2 tulisan)

image

Lima kali menjadi juara NBA. Itu pembuktian terbaik dari San Antonio Spurs. Klub basket NBA ini menunjukkan pada para penggemar basket dunia bahwa mereka memiliki segalanya, seperti sistem permainan, pelatih, funding, loyalitas fans, dan lain-lain.

Spurs identik dengan David Robinson dan Tim Duncan. Mereka juga pernah diperkuat seperti Avery Johnson dan Steve Kerr (pelatih Golden State Warriors). Spurs memiliki juga salah satu pelatih terbaik di NBA, Gregg Popovich, yang juga pelatih nasional tim basket USA sepeninggal Coach K (Mike Kryzewski).

Popovich, yang akrab dipanggil Coach Pop, adalah mantan intelijen di Angkatan Udara Amerika (Air Force). Ia memang terbukti memiliki disiplin dan jeli memilih pemain. Namun, ternyata Spurs memiliki resep rahasia dalam bentuk ramuan jus buah. ESPN coba memotret bagaimana membuatnya, namun staf Spurs melarang keras!!! Resep itu adalah cold-pressed juice.

Apa itu cold-pressed juice?

Dari Wikipedia, cold-pressed juice adalah refers to juice that uses a hydraulic press to extract juice from fruit and vegetables, as opposed to other methods such as centrifugal or single auger. Without pasteurization or HPP, cold-pressed juices can be stored in a refrigerator for up to 5 days, depending on the acidity of the juice and other factors. This type of juice has been commercially produced for decades, but has gained public popularity from 2013 to the present day. In general, these juices are more expensive than other types of juices, as they are made from 100% fruit and vegetables without any added ingredients.  It has been reported that a 16-ounce bottle could cost $10 or as high as $12 for 12 ounces.

Masing-masing pemain memiliki ramuan pemain sesuai hasil assesment kebugaran masing-masing oleh tim gizi ahli gizi Spurs. Kahwi Leonard misalnya. Kawhi, pemain terbaik milik Spurs sekarang, memiliki ramuan cold-pressed juice dengan nama pilihannya "Kawhi-Zilla". Penamaan itu adalah oleh staf Spurs.


Chia seeds campuran di jus milik Kawhi Leonard.


"Kawhi-Zilla" adalah ekstrak campuran antara buah stroberi, semangka, dan biji chia. Biji chia adalah tanaman di padang pasir dengan nama ilmiah Salvia hispanica, famili dari keluarga tanaman mint. Salvia hispanica memiliki nama komersial 'chia'. Tanaman ini diyakini dikembangkan di Amerika Tengah sebagai tanaman yang biasa dipakai diet oleh suku kuno Aztek.

Lain lagi jus milik center LaMarcus Aldridge. LaMarcus minum jus berlabel "LaLa Leave My Juice Alone". Ramuan milik LaMarcus adalah gabungan antara nenas, jeruk, stroberi, bayam, dan beberapa bahan rahasia. Hampir setiap pemain San Antonio minum jus pribadi sendiri yang dilecut oleh staf sebagai bantuan untuk pemulihan.

Pembuatan jus memerlukan effort ekstra dari tim gizi. Peralatan yang tidak mudah didapatkan dan sulit membawa peralasan dalam perjalanan. Ramuan jus hanya tahan maksimal 36 jam usai dibuat. Jadi, dalam perjalanan pertandingan away, sangat sulit memenuhi konsumsi jus yang diminum di setiap latihan dan pertandingan. Bahkan, jus itu dikonsumsi juga di luar pertandingan dan latihan.

Apakah minum jus bisa mencegah dari cedera? Tidak ada yang bisa memastikan. Namun sebagai 1 dari 30 tim di NBA, Spurs sebisa mungkin mencegah terjadinya cedera di pemain. Dalam satu dekade terakhir, Spurs menempati peringkat pertama dengan hanya kelihangan 1.054 kehilangan pemain karena cedera dalam 10 tahun terakhir. Pada musim 2015-16, pemain Spurs hanya absen akibat cedera dalam 59 gim saja (InStreetClothes, web yang menganalisis cedera olahraga). Pada kompetisi reguler musim 2016-17, Spurs tercatat di peringkat kelima akibat kasus cedera di bawah Houston Rockets, OKC Thunder, Phoenix Suns, dan Golden State Warriors dengan sekitar 90 kasus cedera.

Grafis absennya pemain NBA di musim 2016-17.



Grafis biaya yang harus dikeluarkan tim NBA di musim 2016-17.


Aldridge punya testimoni tentang detilnya kepedulian Spurs pada pemulihan kondisi atlet. Ia menghabiskan sembilan musim pertamanya di Portland Trail Blazers.

"Portland memiliki kepedulian tinggi pada ekstra nutrisi. Namun mereka melakukan dengan cara tradisional yakni proses sentrifugal. Ada elemen nutrisi yang menguap karena proses tradisional itu," ucap Aldridge kepada ESPN. "Proses mekanik tersebut memanaskan buahnya dan melemparkan ramuannya penting ke udara, yang katanya bisa mengurangi nutrisi yang sebenarnya berhasil masuk ke tubuh Anda." Dalam proses cold-pressed juice ekstrak jus dengan cara menekan dan menggiling tanpa pajanan (eksposure) udara atau panas.

Beberapa pemain Spurs melihat minuman spesial mereka sebagai langkah awal yang sangat penting untuk proses pemulihan yang mencegah kelelahan dan cedera. "Ini nutrisi, sayuran, buah-buahan, dan Anda tahu, untuk mengisi kembali apa yang Anda habiskan di lapangan," kata guard asal Australia, Patty Mills. "Ini hanya bagian dari proses pemulihan, sama seperti memakan makanan yang tepat setelah pertandingan. Saya tidak berpikir begitu Anda meminumnya, Anda merasa seperti Superman."

Lebih tegas dikatakan Kawhi. "Man, kita tidak akan membicarakannya," kata Leonard. "Hanya jus saja." Apakah benar hanya sesimpel itu? Simak di tulisan berikutnya bagaimana Spurs dan coach Popovich bisa menggunakan jus sebagai bagian penting dari recovery mereka. (bersambung)

Sumber:
ESPN, www.eatright.org,  In Street Clothes; Wikipedia

 


Mon, 31 Jul 2017 @10:36


Write Comment

Name

E-mail (not published)

URL

Comment