Salam Olahraga!!!
image

Dr. Eko Widodo, sports lecturer/jounalist

ekowidodo@yahoo.com;WhatsApp- +628989-777777


Penulis berpendidikan S1 Fateta IPB; Magister Manajemen Pemasaran Univ. Moestopo; S3 Program Pasca Sarjana UNJ di Sports Education. Wartawan olah raga 1994-2015 di BOLA. Sekarang Wartawan di Sports Channel Indonesia; Dosen Pascasarjana UNJ
widget medsos

Buku Sports Event
image

Sport in the City - The Role of Sport in Economic and Social Regeneration # editor C Gratton dan I Henry (2001); 335pp Routledge

Buku Sports Development
image

Sports Development - Policy, Process, and Practice # editor Kevin Hylton dan Peter Bramham (2008); 285pp Routledge

Buku Sports Marketing
image

Introduction to Sport Marketing # Aaron C.T. Smith (2008); 341pp Elsevier

Copyright © 2018 EkoWidodo · All Rights Reserved

Cek Nama Domain

Check Domain Name ?

Batik Pria Tampan
image

BATIK PRIA TAMPAN

Rendang Uninam
image

Rendang Uninam

RSS Feed

San Antonio Spurs, Punya Resep Rahasia Jus Buah Pembangkit Recovery (bagian 2 dari 2 tulisan)

image

Beberapa pemain San Antonio Spurs melihat minuman spesial mereka sebagai langkah awal yang sangat penting untuk proses pemulihan yang mencegah kelelahan dan cedera. "Ini nutrisi, sayuran, buah-buahan, dan Anda tahu, untuk mengisi kembali apa yang Anda habiskan di lapangan," kata guard asal Australia, Patty Mills.

"Ini hanya bagian dari proses pemulihan, sama seperti memakan makanan yang tepat setelah pertandingan. Saya tidak berpikir begitu Anda meminumnya, Anda merasa seperti Superman."

Lebih tegas dikatakan Kawhi Leonard, pemain andalan Spurs. Kawhi meminum jus "Kawhi-Zilla" yang adalah ekstrak campuran antara buah stroberi, semangka, dan biji chia. Biji chia adalah tanaman di padang pasir dengan nama ilmiah Salvia hispanica, famili dari keluarga tanaman mint.

"Man, kita tidak akan membicarakannya (lagi)," kata Leonard. "Hanya jus saja." Dari manakah Spurs mendapatkan resep-resep itu?

Brian St. Pierre yang menemukan formulasi untuk San Antonio Spurs. (Foto: SuperStrengthShow)

Pada 2015, majalah Fast Company menempatkan Precision Nutrition sebagai satu dari 10 perusahaan kebugaran (fitness) inovatif di Amerika Serikat. Brian St. Pierre, direktur di bidang nutrisi untuk performa, bekerja di San Antonio Spurs sebagai konsultan.

Pierre sering membaca hasil penelitian yang berkaitan dengan profesinya, salah satunya tentang nutrisi. Ia mencapat berita penelitian tentang kekuatan pemulihan dari benda-benda yang keluar dari mesin seperti blender mahal.

"Ada sebuah penelitian menarik yang mengatakan bahwa buah blueberri menurunkan rasa sakit dan menaikkan kemampuan pemulihan (recovery) usai berlatih," ucap St. Pierre. "Buah cherry dikenal luas bisa mengurangi inflamasi dan mempercepat recovery. Nenas dikenal memiliki khasiat untuk sendi. Nenas bermanfaat dalam hal meningkatkan penyembuhan dan pemulihan karena kandungan bromelain. Bromelain adalah kandungan enzim yang terkandung di jus nenas. Zat itu berguna mengurangi inflamasi, terutama untuk hidung dan sinus, pasca operasi.


Ekstraksi sayuran/buah buah dijadikan jus. (Foto: Youtube)


"Orang-orang sering mengkonsumsi jus bit untuk mendapatkan Nitrat saat pre-workout atau dijadikan minuman pregame. Bisa juga minum jus bayam sebab bayam mengandung nitrat lebih banyak daripada bit. Jadi orang akan menggunakan bayam untuk meningkatkan performa atau membantu pemulihan, pasca latihan, karena akan meningkatkan aliran darah dan hal-hal seperti itu. "


Buah dan alat juicer. (Foto: Huff Post)


"Namun, idealnya, untuk recovery para atlet itu minum 'super shake'," ucap Pierre.

Membuat shake ideal seperti itu tidak selalu bisa dilakukan secara logistik. Seringkali ofisial tim menggunakan peralatan pembuat jus yang lebih portabel sebagai gantinya.

Perbandingan dengan cara just sentrifugal dengan cold press. (Foto: Food Matters)

"Minuman jus adalah pilihan juga untuk postgame. Masalahnya, apakah ada waktu cukup untuk menyiapkan 15 super shake yang customized untuk masing-masing orang. Pembuatan jus tidak sesimpel faedah yang didapat seperti anti-imflamasi dari kombinasi buah-buahan dan sayuran serta berbagai ramuan," papar Pierre.

"Itu hanya satu cara kecil untuk membantu 'menyerang' atau membantu memulai proses pemulihan itu, selain mendapatkan makanan katering Whole Foods saat di pesawat. Atau mendapatkan jus dengan fasilitas itu sendiri, tergantung lokasinya." papar St. Pierre.

Patty Mills, guard Spurs ingat bahwa tak mudah menyiapkan custom juice. Ia punya jus dengan nama "Bala 8". Bala artinya brother dalam bahasa Aborigin (karena Mills dari Australia) dan 8 adalah nomor punggungnya. "Saya sangat favorit dengan Bala 8. Ramuannya terdiri dari seledri, jahe, parsley, apel hijau, dan bahan lain," ucap Mills kepada ESPN.

 

Dan saat itulah staf Spurs memotongnya, menyuntikkan "banyak sayuran dan nutrisi." di Bala 8 untuk Mills. Staf itu mengetuk tas ransel hitam dengan ringan, berkata, "Sekarang ramuannya ada di dalam kompartemen rahasia.", tiru Mills.

Gregg Popovich, pelatih kepala San Antonio Spurs bahwa sesuatu yang terbaik harus dilakukan Spurs. Menurutnya, pada dasarnya setiap inovasi teknologi, mulai dari teknik pelatihan hingga perangkat pendukung berteknologi, bisa dipakai untuk mendapatkan performa maksimal Spurs. Namun, mengklaim menemukan minat pada jus sebagai sarana pendukung  seperti lucu dan mengubah topik dari sejarah kesuksesan Spurs.


Gregg Popovich dan Charles Barkley. (Foto: Youtube)


"Luar biasa," kenang Popovich sambil tertawa. "Saya ingat saat pertama kali masuk, ketika Larry Brown (pelatih kepala Spurs) tidak cukup bijaksana untuk mempekerjakan saya sebagai asisten saat kembali, dan saya melakukan program berat untuk tim: 'Kalian pergi ke sana dan angkat beban di sana. Kalian pergi ke sini ... 10 kali, ya, itu dia. Beratnya bagus."
 
"Serius, begitulah rasanya. Sekarang, saya naik bus bersama tim, dan tidak lama setelah kami duduk di bus setelah pertandingan, Will Sevening, pelatih kami melanjutkan: 'Air, air, air'. Sevening memberi semua orang [minuman dan berkata] ini, 'Semakin cepat Anda minum, semakin cepat Anda rehidrasi, semakin cepat Anda mendapatkan kembali protein, dan elektrolit dan bla, bla, bla, bla, bla, semakin Anda akan pulih. Itu berguna untuk pertandingan besok malam," kata Popovich.

Berbagai buah yang bisa menjadi super jus. (Foto: Sports Medicine Enthusiast)

"Orang-orang seperti Charles [Barkley], Larry Bird, dan Magic [Johnson], menertawakan hal itu. Saya membayangkan melihat Stephen Jackson, veteran Spurs. Para veteran pasti hanya merasa ngeri saat melihat segala sesuatu, termasuk gaji, bagaimana orang-orang ini diperlakukan, makan pagi, makan saat makan siang, makan setelah berjemur, dan semua hal semacam ini." kenang Pop.
 
"Semua itu adalah demi hidup yang baik. Jadi ketika ada pemain yang mengeluh, Anda harus mengingatkan mereka tentang masa lalu seperti apa rasanya," pungkas Popovich. (selesai)

 

Sumber: ESPN, dan berbagai sumber foto dari Google

 


Tue, 1 Aug 2017 @11:22


Write Comment

Name

E-mail (not published)

URL

Comment